Image Hosted by ImageShack.us

Strawberry Short Cake

Make Your Days Happier

Tuesday, January 20, 2009

Simpang Siur "Media" Internet

Internet,bukan kata yang asing didengar, namun tidak semua penggunanya mengetahui fungsi dan peran internet yang sebenarnya. Apakah internet adalah media massa? Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu definisi dari internet.
Internet adalah suatu jaringan antar komputer yang saling dihubungkan. Media penghubung tersebut bisa melalui kabel, kanal satelit maupun frekuensi radio,
sehingga komputer-komputer yang terhubung tersebut dapat saling berkomunikasi. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut, diberikan sebuah nomor yang unik, dan berkomunikasi satu sama lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi yang sama ini disebut protokol. Protokol yang digunakan di internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol ). Internet dapat juga diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia.


Saat ini, internet yang beberapa tahun lalu hanya merupakan media interaktif, sudah menerima ciri-ciri media massa, dan akan sangat mempengaruhi pelaksanaan sistem hukum di masing-masing negara. Karena internet adalah sebuah media komunikasi baru yang kebal terhadap rambu-rambu hukum dan etika yang ditetapkan oleh negara. Informasi yang disebarkan melalui internet dapat diakses oleh siapapun, pengawasan dalam hal penyebaran info sulit dilakukan, karena banyak dan ada kontroversi mengenai manipulasi data lewat internet. Hal ini cukup sulit dilacak, walaupun sekarang ada orang-orang yang menjadi cyber crime police, namun jumlah personil dan sistem kerjanya juga masih terbatas.

Dalam bidang jurnalistik sendiri, manfaat internet sangatlah besar. Media-media yang tadinya hanya bergerak di bidang cetak atau elektronik saja, mulai melirik internet untuk “memasarkan” beritanya, faktor efisien dan kecepatan menjadi pertimbangan, kebutuhan akan informasi tidak didukung dengan banyaknya waktu yang ada. Sehingga kemudahan akses internet menjadi alternatif yang akan selalu dicari. Bahkan tidak sedikit media-media yang menutup “usahanya” dan beralih ke bidang online, karena dirasa lebih menjanjikan. Bila dilihat, pekerjaan media massa sebenarnya adalah mempublikasikan hasil reportasenya kepada khalayak. Oleh karenanya media selalu terlibat dengan usaha-usaha mengkonstruksikan realitas. Yakni menyusun fakta yang dikumpulkan ke dalam satu bentuk laporan jurnalistik. Karena sifat dan fakta redaksionalnya menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi , tidak berlebihan bila dikatakan seluruh isi media adalah realitas yang telah dikonstruksikan (constructed reality).

Terlepas dari hal tersebut internet bukanlan sebagai media massa, karena internet merupakan infrastruktur telekomunikasi yang mengatur lalu lintas data digital, yang kemudian sebagian data-data digital tersebut membentuk media-media komunikasi berbasis teknologi web. Web sendiri adalah kumpulan halaman-halaman yang digunakan menampilkan informasi, gambar bergerak, suara, maupun gabungan dari semuanya, baik itu bersifat statis atau dinamis yang membentuk suatu rangkaian yang saling bertautan. Maka, lebih tepat jika media-media yang dihantarkan oleh jaringan internet disebut sebagai media online daripada media internet.

Kegunaan internet adalah sebagai berikut :
1. Fungsi komunikasi
Internet adalah alat komunikasi, kegunaan yang sangat penting dari internet adalah pertukaran pesan dengan menggunakan electronic mail (e-mail).
2. Fungsi Resource Sharing
Dengan internet, kita dapat mencari software, essay, data danprogram dari ribuan titik distribusi di seluruh dunia.
3. Fungsi Resource Discovery
Navigasi untuk mencari file tertentu, dokumen, host atau orang diantara jutaan host.
4. Fungsi Komunitas
Masyarakat pengguna internet.

Jika dilihat dari kegunaan atau fungsi diatas, internet bukanlah suatu media melainkan sebagai jaringan informasi yang memuat berbagai macam informasi. tanpa website mungkin internet tidak akan berisi apa-apa. Internet hanya mediumnya saja, walaupun kita melakukan komunikasi, bertukar data bahkan berinteraksi melalui internet yang kemudian disebut dengan virtual community. Jadi sebaiknya kita menyebut internet sebagai media konvergensi atau media online. Disebut media konvergensi karena di internet kita sudah bisa menikmati, paper trail, people trail, dan electronic trail dalam satu website. Keberadaan internet semakin diakui dengan munculnya sebutan media keenam setelah media cetak, recording, cinema, radio, dan televisi.

Jawaban yang mutlak akan bentuk internet sebagai media massa atau bukan tidak akan didapat, karena setiap orang memiliki anggapan sendiri-sendiri mengenai itu, yang paling penting adalah pengakuan terhadap manfaat internet sudah tidak diragukan lagi, sebagai bentuk teknologi baru yang semakin berkembang dan memiliki pengaruh besar bagi semua penggunanya.

SUMBER
ekawenats.blogspot.com
http://www.library.ohiou.edu/indopubs/1997/02/15/0125.html
gunheryanto.blogspot.com
yudhim.blogspot.com
www.adisumaryadi.web.id

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home